04 September 2014

Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Visa Amerika Serikat bagian 2

Tahun 2008 saya pernah membuat artikel Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Visa Amerika Serikat yang membahas bagian persiapan. 6 tahun kemudian saya baru teringat bahwa saya masih punya hutang kepada pembaca untuk membuat lanjutannya *telat banget yaa* Terus terang ingatan saya tentang proses wawancara tidak seakurat dulu, tapi saya masih bisa menceritakan secara garis besar hal - hal apa yang perlu dilakukan :)

Bagian II: Tahap Wawancara di Kedutaan

1. Atur jadwal wawancara online, bayar biaya Visa dan periksa lagi kelengkapan dokumen.

Anda tidak bisa datang sesuka hati tanpa perjanjian. Atur jadwal anda secara online di website embassy dan cek lagi apa saja yang harus anda bawa. Pendaftaran Visa terbagi atas dua bagian besar, yaitu Visa non-immigrant dan Visa immigrant. Visa immigrant hanya untuk para pelamar yang bertujuan pindah kewarganegaraan, untuk urusan lain seperti sekolah, liburan, kerja yang tidak perlu pindah kewarganegaraan pilih Visa non-immigrant. Visa non-immigrant sendiri berbeda - beda jenisnya tergantung tujuan anda datang ke Amerika. Contohnya saya melamar visa F1 (pelajar) untuk S2 di sana. Untuk pekerja bisa melamar visa H1 (pekerja), istri dari pekerja bisa melamar visa H2 (spouse), dll jadi pastikan anda tahu persis Visa Amerika Serikat apa yang anda perlu dapatkan.


Saat anda mendaftarkan diri, anda akan diminta untuk mengunduh dan mengisi formulir, untuk Visa non-immigrant namanya DS-160. Isi dengan lengkap dan pastikan anda membawa formulir ini saat wawancara. Tanpa formulir ini anda dipastikan tidak boleh masuk.

Setelah mendaftar silahkan membayar biaya Visa ke Bank yang ditunjuk. Harap diingat bahwa sejak 1 September 2012 anda wajib membawa bukti deposit tercetak untuk pembayaran Bank.

Saya yakin anda tidak ingin antri sejam dan membayar beberapa juta hanya untuk disuruh pulang karena lupa bawa satu lembar dokumen atau isinya tidak lengkap. Periksa kembali semua kelengkapan dokumen yang harus dibawa, semua dokumen yang wajib dibawa akan disebutkan di website embassy.

2. Patuhi jadwal dan datang tepat waktu.

Setelah anda mempersiapkan semua dokumen, mendaftar secara online dan berlatih untuk wawancara, anda akan diminta datang pada hari dan tanggal tertentu. Patuhilah tanggal tersebut karena anda tidak akan diterima masuk bila datang di hari, tanggal bahkan jam lain. Kedutaan Amerika yang menerima wawancara aplikasi Visa ada dua, yaitu Jakarta dan Surabaya. Saya dulu mendaftar di kedutaan Jakarta jalan Medan Merdeka no. 3 - 5. 

3. Proses Masuk dan Pendaftaran.

Ada beberapa tahapan sebelum anda berhadapan dengan pewawancara di loket (ya, loket seperti loket untuk jualan tiket taman hiburan). Anda akan diminta menunggu di luar kedutaan (biasanya banyak yang berdiri menunggu di luar jadi gak sepi kok :P) sampai waktu appointment anda tiba. Polisi penjaga di depan kemudian akan memanggil dan mengambil absensi tandatangan anda. Website kedubes tidak menyarankan anda untuk membawa keluarga karena keluarga tidak boleh masuk menemani anda ke dalam. Tetapi saya menyarankan anda ditemani seseorang karena saat masuk barang - barang anda akan diperiksa dan barang yang tidak boleh dibawa harus ditinggalkan sementara Kedubes tidak menyediakan tempat penitipan barang. Permasalahan utamanya adalah anda tidak boleh membawa alat elektronik seperti telepon genggam masuk ke dalam. Saya rasa tidak mungkin anda tidak membawa telepon genggam, sehingga akan lebih baik kalau anda datang bersama saudara yang bisa dititipkan sambil dia menunggu proses wawancara anda selesai di warung terdekat.

Ada berbagai jenis barang yang tidak boleh dibawa masuk ke Kedubes, tetapi daripada repot mengingat barang apa saja yang tidak boleh dibawa intinya adalah anda hanya bisa membawa map plastik berisi dokumen - dokumen anda + alat tulis ke dalam. Selain itu, out. Bagian alat tulis ini pun saya tidak ingat apakah boleh atau tidak dibawa masuk. Yeah, it's that strict.

Setelah semuannya beres, anda akan masuk dan antri lagi di dalam untuk proses penerimaan. Isilah semua formulir yang perlu diisi sambil antri, jangan khawatir, antrian selalu padat sehingga anda pasti tidak kesepian :P Mulai dari sini semua hal akan dijaga / dibimbing oleh petugas, ikuti saja semua yang diminta petugas. Bila memenuhi semua syarat dan pengecekan dokumen di luar, anda akan dipersilahkan masuk ke ruangan wawancara.

4. Beberapa menit yang menentukan

Ruangan wawancara lebih tepat disebut ruang tunggu resep, bisa diibaratkan seperti ruang tunggu pendaftaran Rumah Sakit. Silahkan duduk dan menunggu di kursi yang berjejer, saat giliran anda tiba anda akan dipanggil oleh pewawancara yang menunggu di loket. Selama wawancara anda akan berdiri, anda dipersilahkan menjawab semua pertanyaan pewawancara dan memberikan semua dokumen yang akan dia periksa. Pewawancara dapat berbahasa Inggris atau Indonesia tergantung penilaian beliau, misalnya pekerja dan melamar bersekolah tentu akan diwawancara dengan Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan ybs apakah bisa berinteraksi aktif atau tidak, sementara untuk turis bisa diwawancara menggunakan Bahasa Indonesia. Wawancara hanya berlangsung sebentar, misalnya saya hanya diwawancara 3 menit, lalu pewawancara akan langsung memberitahukan apakah aplikasi anda diterima atau ditolak. Jika aplikasi anda ditolak, anda tidak akan diberikan alasan spesifik kenapa aplikasi anda ditolak, beliau hanya kira - kira mengatakan anda tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Visa. Jangan ngeyel, terima saja keputusan pewawancara dan siapkan ulang kasus anda. Uang anda juga tidak akan dikembalikan. Sepanjang pengetahuan saya, anda hanya akan ditolak jika pewawancara merasa anda tidak jujur atau anda tidak dapat mempersiapkan kasus terhadap pertanyaan apakah anda akan kembali ke Indonesia dan apakah semua hal yang anda tinggalkan di Indonesia akan dapat berjalan lancar. Contohnya ada pasangan suami istri yang ingin melihat wisuda anaknya, lamaran Visa mereka ditolak dan saya tebak - tebak sok tau sepertinya saat pewawancara bertanya "jadi kalau anda pergi usaha anda siapa yang jaga?" dan mereka diam sebentar lalu menjawab "ya selama kami pergi ditutup saja". Ini hanya tebak - tebakan saya dan belum tentu benar ya, tapi kira - kira bisa begitu.

Jika lamaran anda diterima, lembar dalam Paspor anda akan ditempel dengan lembar Visa Amerika. Silahkan dilihat di sana Visa anda berlaku sampai kapan karena akan berbeda tiap orang. Misalnya saya mendapatkan Visa untuk 5 tahun, sementara ada yang dapat Visa hanya 3 bulan.

5. Persiapkan Koper dan Isinya :D

Selamat! Anda sudah mendapatkan Visa Amerika Serikat. Rencanakan keberangkatan anda dengan baik, siapkan orang atau organisasi yang langsung akan menerima kedatangan anda di sana. Jangan lupa bahwa Amerika mempunyai 4 musim, jadi sesuaikan isi koper anda dengan musim saat anda berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk membawa kembali semua dokumen anda ke Amerika. Saya sarankan anda membeli jaket yang cukup tebal karena suhu di sana di tiga musim (semi, gugur dan salju) jauh lebih dingin daripada di Indonesia (10 derajat Celcius, bandingkan dengan AC di sini 16 derajat sudah membuat kita kedinginan). Bila anda datang di musim panas, anda cukup beruntung suhunya kira - kira mirip dengan suhu Indonesia, dengan kecenderungan siang lebih panas lagi (30 - 40 derajat celcius). Tapi jangan khawatir, tubuh anda akan beradaptasi terhadap perbedaan suhu ini dalam beberapa minggu.

Apakah semua usaha anda sudah selesai dengan ini? Sayangnya untuk orang Indonesia belum :) Ada sedikit hal lagi yang akan dijalani saat anda tiba di Amerika, dan akan saya bahas di post baru karena cukup panjang. Untuk sekarang nikmati saja keberhasilan anda melewati banyak tantangan dan jangan lupa memberi komentar di artikel ini tentang kisah unik anda mendapatkan Visa Amerika Serikat :) Sampai jumpa di tips dan trik mendapatkan Visa Amerika Serikat bagian 3!

13 komentar:

Vivi mengatakan...

ngeselin banget sik

Ramot mengatakan...

Bagian mana yang ngeselin ya Bu? Mana tau bisa diedit jadi nyenengin :D

STEFANY CAHYADI mengatakan...

Apa yang harus di jalani saat tiba di Amerika ya? Kebetulan saya juga mau urus visa amerika soalnya

Ramot mengatakan...

Terima kasih telah mengingatkan saya bahwa saya masih hutang satu artikel lagi. Akan saya publish secepatnya.

Intinya nanti untuk WNI bisa ada satu tambahan wawancara ketika tiba di bandara di US, jadi tidak perlu panik kalau tiba2 kita disuruh masuk ke kantor Homeland Security sementara yang lain lewat2 saja, it's normal.

Untuk versi detailnya tunggu artikel saya yang terakhir ya. Gak lama kok udah hampir selesai :)

JenniferCamellia mengatakan...

saya mau tanya, berapa lama ya setelah pembayaran bisa submit number MRV. karena saya sudah lebih dari 24 jam belum bisa submit number MRV, jadi ngga bisa buat jadwal wawancara.

Ramot mengatakan...

Halo @JeniferCamellia,
MRV itu = Machine Readable Visa, jadi ini justru yang ingin kita dapatkan di akhir wawancara bukan diisi di awal.

Jadi mungkin yang kamu maksud adalah MRV fee, yaitu pembayaran fee ke Bank kan ya? Saat membayar ke Bank kamu akan dapat slip bukti deposit, di situ ada nomor bukti pembayarannya, itu yang dimasukkan untuk membuat jadwal wawancara. Jangan lupa bukti slip deposit itu harus dibawa secara fisik saat akan wawancara, jadi jangan hilang.

Demikian dan semoga membantu.

lovelydevi.blogspot.com mengatakan...

Kalau spousal visa bisa ditolak juga nggak ya?soalnya saya lagi proses pengajuan nih, trs nanti interviewnya spt apa ya?share donk..hehe makasih

Vika Octavia mengatakan...

Alhamdulillah..udah dapet 5 taun tanpa ditanya macem2.

http://www.vikaoctavia.com/2014/08/approval-visa-amerika/

Ayu Mei mengatakan...

US embassy jakarta, lack of kind, cannot wait to see this US embassy jakarta get karma, steal my happiness masak liat ponakan pacar menikah n holiday ditolak 2x, blak blik jkt 3 x, really stupid US embassy jkt, n interview kdua direschedule dikarenakan system error dah beli tiket blak blik jkt ga bisa ditukar :((, diinfo mendadak dlm otw ke bandara,, stupid ga sie???

EXPO CPNS BUMN mengatakan...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT. Pertamina EP

Muhamad Suhadiyatman mengatakan...

Artikel ny sgt membantu sekali...mudah2an tgl 6 nov ini sy lolos interview ny
Trmksh bnyk Pak Ramot sdh berbagi pengalaman.

aisah setia mengatakan...

Masa udah bayar mahal buat 4 orang, malah ga bisa dapet visa, alias gagal, apa karena aku baru ber haji

aisah setia mengatakan...

Ah...masa aku gagal, apa karena aku haji yah....