08 Februari 2020

Kesalahan dalam Rapat

Sudah menjadi rahasia umum memang power point ataupun bentuk presentasi dianggap tidak efektif dalam menyampaikan sebuah ide. Ketika Mba Paramita Mohamad mengkicaukannya di Twitter:
Saya pun menyempatkan waktu untuk membaca lebih lengkap artikel tersebut. Agar anda para pembaca memahami tulisan saya di bawah, harap buka juga artikel tersebut. Saya melihat bahwa artikel ini tidak salah tapi juga tidak cukup tepat untuk tipe orang Indonesia.

  • Penulis mengasumsikan Power Point tidak bs dipakai utk menulis executive summary serupa. Tapi bukannya mungkin bahwa power point bahan yg beliau berikan cukup dlm 6 slide saja, bukan 30 spt yg di-klaim di artikel? 
  • Kalau dijadikan ilustrasi, kadang jauh lebih berguna karena banyak pekerja Indonesia yang kesulitan dalam pemahaman tulisan
Metode executive summary ini bisa menyingkat waktu meeting untuk tim yang memang sudah percaya kepada si pembawa executive summary. Nah ini yang terluput dari tulisan artikel tersebut, seringkali rapat di Indonesia itu:
  • meeting yang berlarut - larut bukan karena pakai power point, tapi karena orang - orang di meeting fokusnya bukan ke nomor (6) dalam summary tapi nomor (1), alias mencari siapa yg salah.
Kesimpulan saya adalah:


Tidak ada komentar: