27 Desember 2014

(Mini Review) Menggunakan SculptGL di Chrome

Saya sedang iseng - iseng browsing ekstensi Chrome sampai saya menemukan sebuah ekstensi bernama SculptGL. Ekstensi ini adalah aplikasi untuk mematung (sculpting). Beberapa hari lalu saya sempat melihat - lihat dan tertarik akan mematung, sehingga saya iseng - iseng mencoba. Setelah instalasi saya bisa mengaktifkannya di bagian apps dari Google Chrome. Bagi yang bingung dimanakah bagian apps bisa langsung mengetik chrome://apps di address bar.





Dari sana kita dapat mengaktifkan aplikasi dengan memilih SculptGL. Jendela utama akan muncul dan anda akan diberikan "tanah liat" berbentuk bulat.



Anda dapat mengutak atik "tanah liat" ini dengan menggunakan opsi di sebelah kanan. Saya iseng - iseng mencoba beberapa alat seperti Brush, Crease, Drag dan Paint selama setengah jam sehingga menghasilkan patung (aneh) berikut:


Saya kemudian mencoba menyimpan hasil pekerjaan saya ke beberapa format yang diizinkan di aplikasi ini. Sayangnya ketika saya mengimpor kembali hasil pekerjaan saya, tidak semua format yang diberikan dapat diimpor dengan sempurna. Ketika saya mengimpor berkas .sgl (format asli SculptGL), hasilnya justru hanya setengah yang bisa direkonstruksi ulang. Justru berkas dengan format .obj yang bisa diimpor dengan sempurna.

Dilihat dari menunya, aplikasi ini sepertinya juga sudah mendukung pemakaian wacom. Ketika saya menggambar, saya mengaktifkan mode Symmetry sehingga ketika saya memakai sebuah Tool, hasilnya diaplikasikan langsung ke dua sisi dengan sisi tengah simetris yang terlihat dari garis di tengah - tengah wajah itu. Hal ini cukup praktis jika ingin membuat benda yang simetris.

Secara umum fungsi dasar SculptGL ini bisa dengan cepat dikuasai, untuk fungsi lanjutan saya kurang tahu juga karena baru setengah jam mencoba :) Bila tertarik mematung tapi tidak punya akses ke benda yang asli, bisa coba - coba saja aplikasi ini.

Jika anda ingin melihat rekaman ulang proses ketika saya membuat patung, silahkan unduh berkas .rep berikut dan impor di SculptGL.

SculptGL adalah ekstensi Google Chrome yang dapat diunduh di sini.

1 komentar:

vivi mengatakan...

okeh. trus kalau portfolio foto ama audionya kira2 kapan ditayangin nya maz ?