06 Mei 2010

Gossip Time: Alter & Jane

Sebenarnya gak penting bgt saya menanggapi kasus berbau gosip yang cukup hangat ini, tapi setelah saya baca2 beberapa sumber, kasus ini jadi jelas tapi gak jelas. Supaya anda mengerti jalan pikiran saya, saya sudah rangkum hasil baca2an saya dari beberapa sumber. Harap dicatat bahwa saya tidak tahu persis masalahnya apa, saya hanya mendapat info dari media, dan kesimpulan ini diambil berdasarkan hasil pembacaan di media2 tersebut.

Perihal kronologis waktu:
1. Alter & Jane berkenalan pertama kali di Singapore, 8 Agustus 2008.
2. Saat bertemu kedua kali Alter & Jane sudah pacaran.
3. Dan mereka menikah di Las Vegas tanggal 9 September 2008.


Silahkan diperhatikan tenggat waktu mulai dari kenalan sampai menikah. I totally envy them, satu bulan (minus waktu 3 hari di hyatt singapore, minus waktu ganggu2an via BB sampai akhirnya pacaran) ternyata cukup ya untuk menentukan bahwa seseorang itu adalah cinta sejatinya, pokoknya hidup mati harus dengan orang itu.

Perihal kronologis perubahan status (jenis kelamin):
Alter: Ibu saya sudah mengajukan koreksi (jenis kelamin), diterima Desember tahun 2006.
Alter: Kami sama2 main golf dengan ibunya.
Alter: Dia (ibunya Jane) tahu saya ini wanita karena saat itu ibu saya belum mengkoreksi indentitas saya (mengganti indentitas di KTP).
Alter: selama di Psikologi UI saya selalu berpakaian pria.

Koreksi identitas sudah diterima dan dilakukan oleh pemerintah daerah Papua, tapi di KTP sampai Agustus 2008 jenis kelamin tetap wanita. Perihal Grace (ibunya Jane) juga mengira Alter wanita, saya rasa bukan karna beliau memaksa Alter memperlihatkan KTP nya (kecuali ternyata beliau hobi menodong KTP tiap kali berkenalan dengan seseorang). There must be something else, tapi apakah itu? Alter bisa saja langsung berkenalan dengan Grace sebagai lelaki, dan Grace pasti dapat mempercayai tanpa harus meminta KTP Alter. Menurut pengacaranya sih, karna Alter punya loker yang lokasi ruangannya sama dengan loker Grace, yaitu di ruang wanita.

Tentang pakaian Alter selama dia kuliah di UI, itu gampang sekali cek nya, panggil aja alumni yang sama tahun dengan dia, tanya yang bener yang mana.

Perihal jenis kelamin Alter:
Ahli: Alter mengidap sindrom klinefelter.
Dari wikipedia: Klinefelter's syndrome, 47, XXY, or XXY syndrome is a condition in which males have an extra X sex chromosome.

So Alter is indeed a male.

Perihal alasan di balik semua:
Jane: Tidak disetujui karena menurut mami saya Alter itu bukan orang Jawa, bukan 3B (Bibit, Bebet, Bobot), Alter umurnya beda 9 tahun dari umurku, Alter dulu pernah cerai. Alter bukan laki-laki.

Ini totally subjektif, tapi hal yang saya bold di atas menurut saya adalah salah satu dari alasan utama kenapa orang tua Jane tidak menyetujui pernikahan mereka, selain dari kesan menikah yang sangat terburu2 (baru kenal satu bulan, dekat paling 2 minggu), tidak sopan (baru jg sebulan udah langsung bawa lari) dan Grace mengira Alter adalah transgender (kembali ke 3B, malu nanti digosipin tetangga).

Perihal solusi:
Gue tidak memihak siapapun disini. Tapi dari berita yang gue baca, pernikahan Alter dan Jane itu resmi dari segi hukum dan dari segi agama. Alter is male and Jane is female, so what's wrong with falling in love and getting married? Tapi saya juga melihat bahwa pasangan ini sangat terburu2 dan tidak sabar. Pacaran jg baru bbrp minggu. Diusahakan supaya direstui jg belum udah langsung kawin lari. Tentunya orang tua Jane merasa diinjak2 harga dirinya. Saya juga membenarkan pernyataan orang tua Jane bahwa Jane belum dewasa.

Kasus ini menurut gue gak pantas buat diselesaikan di kantor polisi. Semoga kedua belah pihak dapat mengesampingkan egonya dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik.

Satu lagi tambahan, ternyata ada kabar bahwa Alter meninggalkan istrinya (dan dua anak, bukan anak kandung Alter) setelah mengubah nama belakang anak2 tersebut dan meminta istrinya tersebut untuk berhenti kerja. Perihal ini benar atau tidak, penyebar kabar ini klaim dia punya bukti. Well I say silahkan lapor ke polisi, sekalian bawa surat nikah (dan surat cerai, sepertinya ini yang disebut Jane saat dia bilang Alter pernah cerai). Perlu diperhatikan bahwa kalau memang mereka sudah bercerai maka orang ini tidak bertujuan untuk menentang pernikahan Jane dan Alter, tapi lebih ke arah meminta pertanggungjawaban Alter sebagai lelaki. Meskipun sudah cerai tetap wajib mengasuh anak toh? Apalagi istrinya yang dia ceraikan sudah berhenti kerja (dan kehilangan kemampuan menopang hidup sendiri) atas permintaan dia.

Demikian acara gosip kali ini.

*sekali2nya ngisi blog kok ya nanggepin gosip to*

Sumber:
- detik (dan silahkan klik link2 lanjutan di bawahnya)

4 komentar:

kunderemp mengatakan...

Wow.. padahal aku mengikuti Detik tetapi rasanya tak dapat informasi sedetail ini. Mantab, Gan!

Ramot mengatakan...

vivanews jg sumber gosip handal, gan! :P

luvly7 mengatakan...

Baruu aja mo mosting topik ini, ternyata udah banyak yang bikin postingan Alter Jane.

Thanks buat ceritanya yaa ... minimal sedikit lebih jelas daripada gossipan di det*k, sc*v or sumber2 berita lainnya :)

Ramot mengatakan...

kekurangan sumber2 berita gosip itu adalah, mereka tidak mengintisarikan ceritanya dengan sederhana, jadi orang2 bingung. kalau pakai poin2 gini kan gampang jadinya ya :P