13 Maret 2015

Mencoba Firefox Hello (Video Chat tanpa akun)

Pagi ini Firefox di laptop saya meminta update. Setelah update sekitar mendekati 30 MB dan restart Firefox, saya disuguhkan dengan sebuah fitur baru, yaitu Firefox Hello. Firefox Hello ini adalah fitur untuk Video Chat, tapi tidak membutuhkan akun (akun hanya optional jika ingin fitur import contact), hanya memerlukan menggunakan browser Firefox atau browser / device yang webRTC-enabled (baca poin 3 di Firefox Hello Terms and Conditions).

Jadi kalau bagaimana caranya agar bisa invite orang lain video call dengan kita? Dengan link.




Jadi ketika sudah update ke Firefox terbaru, akan muncul ikon Firefox Hello di bagian atas kanan.


Anda akan disuguhkan dengan window sangat sederhana, dimana anda dianggap sudah login dengan nama Guest. Jika anda ingin menggunakan akun Firefox silahkan klik link Sign In or Sign Up. Untuk memulai percakapan silahkan tekan tombol Start A Conversation.



Firefox secara otomatis akan mendeteksi dan menyalakan webcam serta mic anda. Window video chat akan muncul di kanan bawah. Anda dapat menamai percakapan anda di bagian Name this conversation. Di sini saya sudah menamai percakapan menjadi Ramot's Lair. Kotak ini dapat disesuaikan ukurannya.



Anda dapat mengundang orang lain untuk bercakap - cakap dengan menggunakan dua tombol di bawahnya, yaitu Email Link atau Copy Link. Tombol Email Link akan menyalakan handler Email anda, sedangkan Copy Link akan menyalin link percakapan ini sehingga dapat anda tempel di manapun. Di sini contohnya saya menggunakan fitur Copy Link untuk menyebarkan link percakapan, saat ditekan tombolnya berubah menjadi Copied!



Selain window di bawah akan muncul window kecil di tengah - tengah atas yang sifatnya persisten / tetap ada walaupun anda tidak sedang berada di window Firefox. Window ini berguna untuk mengatur webcam dan mic. Anda juga akan menemukan dua fungsi ini di window video anda.



Ketika anda diberikan link untuk chat, anda dapat membukanya di beberapa browser, termasuk yang saya coba adalah Chrome. Saat membuka anda akan diberikan sebuah window dengan pilihan Join the Conversation. Saat anda menekan tombol tersebut, browser akan meminta izin untuk memakai webcam dan mic anda yang akan muncul di bawah URL bar, silahkan diizinkan (Allow). Saya juga mencoba link ini di PC yang tidak ada mic dan webcam, tetapi yang muncul setelah menekan tombol Join the Conversation adalah terjadi kesalahan / something went wrong, jadi kemungkinan memang harus punya webcam dan mic baru bisa menggunakan Firefox Hello.



Ketika anda sudah join, video pembuat chat akan tampil di window anda sedangkan video anda akan tampil di window pembuat chat. Anda dapat chat seperti biasa. Jika sudah selesai anda dapat keluar dengan menekan tombol leave di kiri bawah. PS: saat saya iseng mencoba chat dengan diri sendiri di komputer sendiri memakai Chrome, video saya yang tampil menjadi inverted alias terbalik, kiri jadi kanan dan kanan jadi kiri.

Berikut adalah tampilan chat di peserta yang join:



Berikut adalah tampilan di pembuat chat, video peserta seharusnya tampil di belakang, dalam hal ini tidak tampil kemungkinan karena saya buka link nya di laptop yang sama alias rebutan make webcam dan mic. Anda dapat memperbesar window ini dengan klik tanda panah ke samping atas yang ada di bagian kanan atas window.



Jika anda adalah pembuat chat, anda dapat me-nonaktifkan chat sementara dengan klik tanda X di kanan atas. Saya sebut ini non-aktifkan bukan keluar karena chat anda sebenarnya masih ada, cuma tidak aktif dan bisa anda aktifkan lagi dengan klik tombol Hello di kanan atas dan klik link chat anda.



Silahkan update Firefox anda ke versi terbaru dan pastikan komputer anda mempunai webcam dan mic untuk dapat mengakses fitur ini.

Tidak ada komentar: