22 Juli 2014

Pemilu 2014

Saya sebenarnya bukan orang yang sering posting soal copras capres. Saya baru terlibat dalam debat2 (kusir) menjelang akhir Pemilu, ya ada batasnya juga kesabaran diri, gak tahan liat komen orang2 yang lebih mirip orang mabuk xD

Ada beberapa hal yang saya catat adalah hal yang baru di Pemilu ini:
1. Pemilu ini adalah Pemilu pertama dengan jumlah negative dan black campaign terbanyak. Isu SARA memang adalah isu yang paling gampang "digoreng" dan dimanfaatkan penuh untuk mengeluarkan black campaign. Meskipun akses internet dan buku sudah jauh lebih mudah untuk mengkonfirmasi kebenaran sebuah berita, masih banyak orang masih memegang prinsip lama "percaya dulu cari kebenaran belakangan".



2. Pemilu ini juga memberikan pentingnya keterbukaan informasi. Saya sangat mengapresiasi KPU yang telah bersusah payah menyiapkan website yang memuat semua perolehan suara. Website tidak sembarangan pula tidak down menghadapi begitu banyak query dari rakyat, dan tidak down (saya yakin ada walau tidak diberitakan) dari serangan cracker.

3. Pemilu kali ini juga menunjukkan bahwa rakyat Indonesia adalah orang - orang baik. Sudah lama tidak terdengar kabar seperti ini: bahwa banyak sekali relawan yang bersedia tanpa dibayar bekerja memasukkan data C1 dan memeriksa semua C1 lain selain yang dimasukkannya. Kerelaan dan sifat gotong royong yang sempat menjadi "teori" saja di pelajaran PMP / PPKn.

Pemilu kali ini juga adalah pelajaran yang bagus bagi demokrasi Indonesia. Tentunya tidak semua orang dapat terpuaskan, tetapi secara keseluruhan Pemilu kali ini sangat bagus karena pemerintah dan KPU telah mengizinkan rakyat Indonesia terlibat langsung dalam semua proses Pemilu, termasuk pengawasan penghitungan suara.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan:
Selamat kepada Presiden Republik Indonesia 2014 - 2019, Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 - 2019, Jusuf Kalla. Semoga tetap lurus dan jujur dalam menjalankan tugas sebagai pejabat negara.

Apakah tugas kita sudah selesai? Justru baru mulai. Mari kita kawal pemerintahan kali ini agar sesuai dengan semua janji yang telah diberikan saat kampanye. Mari kita kawal juga para anggota legislatif kita agar tidak mengeluarkan undang - undang dan keputusan yang merugikan rakyat. Hiduplah Indonesia Raya!

Tidak ada komentar: