31 Mei 2014

Menggunakan Inkscape Untuk Menggambar Vektor

Beberapa waktu lalu (baca bertahun - tahun lalu haha), teman saya Iang "bertanya" bagaimana kalau menggunakan Inkscape sebagai alternatif dari menggambar vektor menggunakan Corel Draw. Baru - baru ini saya diminta untuk membuat logo. Corel Draw yang biasa saya pakai ternyata ngadat di Windows 8, kesempatan yang bagus untuk mencoba menggunakan Inkscape.

Saya sendiri adalah tipe orang yang lebih suka membuat logo yang sederhana, lebih berupa siluet - siluet. Ada dua logo yang saya buat. Untuk membuat logo pertama saya menggambar pola dasar menggunakan alat Draw Bezier Curves and Straight Lines, lalu menambah kurva dan membentuk pensil menggunakan alat Edit paths by nodes. Setelah itu saya mengganti warnanya jadi biru. Saya kemudian menambahkan teks dan kotak terhadap logo yang telah saya buat, sehingga jadilah kartu nama seperti berikut:

Vektor kartu nama Les Private Indonesia yang diekspor menjadi PNG




Pada gambar kedua saya menggunakan alat Draw Calligraphic or Brush Strokes untuk siluet anjing, kucing dan atap rumah. Saya tambahkan teks dengan alat Create and Edit Text Objects, dan terakhir saya tambahkan elips dengan alat Create circles, ellipses and arcs mengelilingi logonya. Saya mengubah warna gambar dan teks di alat Fill and Stroke. Hasil akhir adalah sebagai berikut:

Vektor logo Rumah Steril yang diekspor menjadi PNG

Waktu yang diperlukan untuk menggambar kartu nama adalah sekitar dua jam dan untuk membuat logo kedua sekitar satu jam, sudah termasuk "bertapa" mencari ide :D Secara keseluruhan saya merasa menggunakan Inkscape untuk menggambar bebas seperti yang saya lakukan di atas sangat mudah dan bisa menjadi pengganti Corel Draw. Saya belum menggunakannya untuk gambar yang lebih rumit, tapi kalau ada kesempatan mencoba lagi saya akan berikan lagi hasilnya :)

Inkscape bisa diunduh di website resmi Inskcape. 100 persen gratis tis tis dan banyak tutorial yang bisa dilihat, cari saja di mesin pencari favorit anda.

1 komentar:

Tiens mengatakan...

tapi tetap saja prinsipnya harus bisa menggambar dgn pensil dan kertas dulu kan sebelum menuangkannya di program