28 September 2017

Mari Main Susun - Susun APBN

Update kecil saja, Kementrian Keuangan membuat sebuah permainan yang menurut saya menarik. Kita bisa mencoba membuat sendiri pengaturan proporsi keuangan APBN. Tentunya ada syarat - syarat yang harus dipenuhi agar pengaturan yang kita lakukan dinyatakan sesuai.

Untuk main, silahkan masuk ke https://www.kemenkeu.go.id/simulasiapbn/

Hasil saya dapat dilihat di bawah ini. Sebenarnya analisanya ada yang hilang, yang saya prioritaskan adalah fasilitas umum, ekonomi (infrastruktur), kesehatan, pendidikan dan jaminan sosial. Sedangkan yang saya pangkas anggarannya adalah anggaran aparatur negara (lupa namanya haha), keamanan dan pertahanan. Saya juga memangkas anggaran ekonomi, tapi masih cukup besar proporsinya. Itu anggaran pariwisata sepertinya persentasenya naiknya besar sekali, padahal karena memang awalnya jumlahnya kecil sekali, naik sedikit saja persentasenya langsung naik segitu banyak. Tapi saya sendiri merasa memang harus dinaikkan, dengan tujuan dimanfaatkan untuk memicu tumbuhnya usaha - usaha kreatif baru.


Bagaimana dengan kamu? Yang mana yang akan kamu prioritaskan?

Tidak ada komentar: