21 Agustus 2016

Mengeset Koneksi Internet Sebagai "metered" Supaya Windows 10 Tidak Download Update Otomatis

Ada satu hal tentang Windows 10 yang saya pelajari the hard way hari ini. Ternyata setiap kali Windows 10 terkoneksi dengan internet baik melalui ethernet (LAN) atau WiFi, secara default Windows 10 menganggapnya sebagai koneksi unmetered alias gak ada kuota. Hal ini mengakibatkan semua fungsi update otomatis Windows 10 tetap berjalan.

Hal ini menjadi masalah ketika kita berselancar dengan menggunakan koneksi dari operator 3G atau 4G dengan cara tethering atau wireless hotspot dari smartphone. Ketika terkoneksi, Windows 10 secara default menganggap koneksi kita tidak ada kuotanya sehingga jika pada saat yang bersamaan ada update yang perlu diunduh, Windows 10 akan langsung mengunduh update tersebut. Jika update tersebut ukurannya 2 GB, maka katakan selamat tinggal akan kuota anda 2 GB lebih.

Untuk mengubah hal ini, kita perlu mengeset koneksi WiFi ini menjadi "metered" alias ada kuotanya sehingga Windows 10 tidak mengunduh update. Caranya adalah:
1. Klik tombol Windows di kiri bawah Desktop dan pilih Settings untuk masuk ke Settings.
2. Klik Network & Internet.
3. Di bagian WiFi, klik wireless hotspot smartphone kamu dan klik connect untuk terhubung.
4. Setelah terkoneksi, scroll ke bawah dan klik Advanced Options.

5. Scroll ke bawah, di bagian Metered Connection, turn on (jadi biru) Set as metered connection.

6. That's it. Untuk wireless hotspot smartphone ini Windows 10 akan menganggapnya sebagai metered connection sehingga tidak otomatis mengunduh update.
7. Penting: ulangi hal ini untuk setiap smartphone lain yang akan diconnect ke Windows 10. Jadi kalau kamu biasanya connect ke hp kamu, hp pacarmu, hp selingkuhanmu, lakukan ini untuk setiap hp tersebut kalau gak mau dibilang tukang sedot (data).
8. Penting: jika kamu menggunakan OneDrive, mengeset koneksi ke metered tidak akan membuat OneDrive berhenti mensinkronisasi berkas dari cloud ke komputer dan sebaliknya. Jadi jika memakai koneksi dengan kuota dan tidak memerlukan OneDrive, matikan saja dulu dengan klik kanan ikon OneDrive dan pilih Exit. Jika sama sekali tidak menggunakan OneDrive, disable saja service nya dengan cara masuk Task Manager lalu klik tab Startup dan disable Micosoft OneDrive.

Apakah kalian menyadari hal yang sucks dengan cara ini? Ya, di nomor tiga, kita harus connect dulu ke wireless hotspot-nya baru bisa mengakses Advanced Options di nomor empat. Jika kita mengakses Advanced Options tanpa connect dulu ke wireless hotspot, opsi set metered connection tidak ada. Hal ini mengakibatkan sampai kita mengaktifkan set as metered connection Windows 10 sudah langsung mengunduh update dulu, dan ini paling merugikan jika koneksinya 4G karena koneksinya bisa sampai 40 mbps (5 MB/s). Anggap saja kita membutuhkan waktu 20 detik untuk menyalakan opsi set as metered connection, berarti Windows 10 sudah menghabiskan kuota kita sebanyak 100 MB sebelum akhirnya berhenti mengunduh. Totally sucks, huh?

Saya sendiri baru menyadari ini ketika kuota awal saya 500 MB habis, lalu beli paket tambahan 1,2 GB dan juga habis dalam beberapa menit, dan akhirnya memonitor aktivitas WiFi via Task Manager dan menemukan hal ini. Yeah, shit happens -.-

Tidak ada komentar: